resensi novel





Judul Novel     : Tentang Kamu
Penulis             : Tere Liye
Penerbit           : Republika
Tahun Terbit    : 2016
Tebal               : 524 hal
Sinopsis          
Novel tentang kamu ini menceritakan tentang Perjalanan hidup Sri ningsih dari Indonesia, wanita tangguh yang memeluk semua luka, Perjalanan hidupnya di gali oleh seorang calon senior lawyer  bernama Zaman dari firma hukum di Inggris THOMPSON & Co. Dia meninggalkan  harta warisan yang benilai tinggi, dan tugas firma itu untuk mencari pewaris atau surat wasiat. Perjalanan pencarian ini di mulai dari pulau kecil di daerah Sumbawa dimana Sri ningsih terlahir, yang berlanjut ke daerah Surakarta jawa tengah, tempat Sri ningsih mengeyam pendidikan, dimana tragedi-tragedi zaman paham komunis berkembang. Selanjutnya Jakarta tempat dimana Sri Ningsih seorang wanita biasa membangun bisnis dan akhirnya menjadi pemilik 1 % Saham di perusahaan besar dunia.  Titik balik dari perjalanan ini adalah kembali ke paris tempat sri ningsih meninggal, dimana Kisah benang merah dari cerita ini terhubung. Sri Ningsih wanita sederhana yang memeluk semua kepedihan dan luka, tak membenci walau sedetik.
Unsur intrinsik novel:
  1. Tema               : Perjalanan hidup seorang wanita yang Tegar bernama Sri Ningsih
  2. Latar belakang            : Belgrave Square Inggris, La Cerisaie Maison de Retraite Paris, Pulau Bungin Sumbawa, Surakarta Jawa Tengah, Jakarta.
  3. Waktu             : pagi sampai malam
  4. Suasana           : Mengharukan, menegangkan,
  5. Alur                 : Novel ini menggunakan alur maju mundur (flash back) dimana cerita masa lampau dan kejadian sekarang berdampingan.
  6. Gaya bahasa    : gaya bahasanya mudah dipahami, banyak kata-kata asing karena novel ini memang mengabil stting luar negeri.
  7. Amanat                       : ikhlas menerima jalan hidup yang sudah di gariskan Tuhan, Peluk semua luka kelak pasti hal yang indah akan menanti kita.
  8. Penokohan      :Zaman : Pengacara dari Belgrave Square yang baik dan bertanggung jawab, penuh disiplin diri. Sri Ningsih : wanita tegar yang memeluk semua kepedihan, Aime : wanita yang cantik yang sabar. Eric : Senior lawyer yang tegas. Sulastri : Wanita Culas yang menutup mata soal kebenaran.
  9. Kelebihan Novel`: dalam novel ini kita di ajak untuk melintasi waktu, seperti membaca bibliografi seorang wanita tangguh bernama Sri Ningsih, Perjalanan hidupnya dalam menghadapi kerasnya hidup. Dalam novel ini juga tercantum informasi-informasi menarik msalah satunya firma hukum tertua  yaitu Thompson &Co.
  10. Kelemahan Novel : novel ini seperi cerita sejarah yang panjang sekali, dan halamanya yang banyak membuat pembaca harus extra sabar untuk tahu kesimpulan  dari cerita perjalanan hidup seoarng Sri Ningsih.

Komentar

Postingan Populer