Teknologi informasi bak pisau bermata dua




Teknologi, manusia tak akan pernah lepas dari teknologi, semakin tinggi tingkat kecerdasan seseorang maka mereka akan mencari jalan termudah untuk mempermudah hidup.Di era dimana semua hal dapat di dapatkan dengan mudah tak ayalmenimbulkan hal-hal yang bersisihan. Sisi negative danpositive dari sesuatu yang timbul pasti mau tak mau akan menjadi sebuah pembahasan yang tak pernah habis untuk di kupas. Sebut saja perkembangan gadget mau tak mau membuat para provider mau tak mau harus meningkatkan jaringan internet, mulai dari 3G hingga kini berbasis 4G, yang kesemua saling berebut konsumen. Perkembangan teknologi ini tak dapat di indahkan ada sisi negatif ketika sebagai makhluk  berakal kita tak menggunakan secara bijaksana. Imbas dari teknologi ini tak di dukung dengan karakter dan akhlak yang bijak dalam memanfaatkannya.
Contoh sederhana saja, akses mudah kesitus dewasa yang tidak di benahi dengan sistem yang dan kontrol membuat moral-moral anak bangsa ini menjadi kurang akhlak, pengetahuan akan hal-hal yang dulunya di anggap tabu dan kini dapat di akses dengan mudah membuat mereka terkadang kehilangan pegangan. Batas akhir antara hal yang tak boleh dan boleh di akses membuat kebingungan. Pengawasan dari orang tua dan pihak terkait akan situs-situs yang di nilai dapat merobohkan moral  bangsa harusnya menjadi sebuah wacana yang wajib di tindak lanjuti. Contoh lain banyaknya sebuah paham yang muncul dalam sekali klik tanpa sebuah dasar dan pegangang yang kuat akan agama membuat seorang yang awam mudah sekali mengikuti aliran dan paham yang menyesatkan, seorang manusia tetap membutuhkan guru dari manusia yang hilang yang lebih faham akan sesuatu bukan dengan menilai sesuatu dari kaca matanya sendiri dan mengambil kesimpulan tanpa paham benar itu benar atau salah.
Jika membicarakan sisi negative dari sesuatu maka hidup hanya akan di penuhi kegelapan, seperti halnya pisau bermata dunia, maka sisi positive dari adanya teknologi tak ayal juga mempengaruhi gaya hidup dan pola pikir masyarkat. Akses yang mudah dengan internet membuat perkembangan ekonomi semakin maju,tak perlu mempunyai sebuah kios tataupun lapak untuk menjual sesuatu cukup membuka toko online maka sebuah traksaksi jual beli bisa berlangsung. Akese yang mudah ini juga di manfaatkan para siswa dan pelajar untuk mengakses informasi , mncari sumber referensi dari e-book dengan harga buku fisik yang mahal maka memanfaatkan adanya e-book menjadi sebuah pilihan. Apalagi dengan kurikulum yang terbaru di mana siswa adalah center mereka harus pandai-pandai memanfaatkan informasi, tak hanya terpaku pada buku dan catatan dari guru.

                                                           https://www.google.com/
 Al hasil mau tak mau kita harus menyadari setiap hal pasti ada sisi positive dan negative itu memang saling bersisihan tak akan pernah lepas, kembali lagi sebagai manusia harusnya bijak dalam memanfaatkan sesuatu, segala hal yang baik pasti akan menjadi baik jika kita memanfaatkan untuk kebaikan, tapi jika lalai dan menggunakannya untuk hal yang negative teknologi itu sedikit demi sedikit akan menggerogoti kita, pola pikir dan sikap yang dari dulu ditanamkan di negeri ini sebagai bangsa berbudaya dan berbudi akan hilang, hanya akan menyisakan kenangan saja. Jadi bijaklah dalam menggunakan sesuatu, semua tergantung KITA.:) :)

Komentar

Postingan Populer